Slider Background

SLIDE BERANDA

Sambutan Wakil Presiden RI Pada Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-65 Tahun 2012

Kamis, 12 Juli 2012

Sambutan Wakil Presiden RI Pada Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-65 Tahun 2012



Tamanggung Tilung, Palangkaraya, 12 Juli 2012

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Pertama-tama  saya ingin menyampaikan selamat dan salam bahagia kepada para hadirin serta para pecinta Koperasi di seluruh Tanah Air pada Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-65 Tahun 2012 hari ini.

Saya juga ingin menyampaikan salam hangat dari Bapak Presiden kepada saudara-saudara sekalian. Hari ini beliau harus melaksanakan tugas kenegaraan di tempat lain.

Saudara-saudara,

Tahun ini peringatan Hari Koperasi Nasional juga berbarengan dengan ditetapkannya tahun 2012 ini sebagai Tahun Internasional Koperasi. Indonesia telah ditunjuk sebagai tuan rumah dari peringatan Tahun Internasional Koperasi ini, yang diadakan di Nusa Tenggara Barat pada bulan Mei yang lalu.

Di tataran internasional, koperasi telah diakui sebagai organisasi yang terbukti mampu mendukung pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan kerja, memperkuat integrasi sosial, dan meningkatkan ketahanan  terhadap krisis ekonomi. Inilah yang menjadi alasan mengapa Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menetapkan sebuah Resolusi tentang Koperasi dan Pembangunan Sosial.

Peringatan Hari Koperasi di tingkat Nasional tahun ini mengambil tema “Koperasi Mandiri, Rakyat Makmur”. Saya sangat setuju dengan tema ini. Saya sangat mengharapkan tema yang mengedepankan ciri kemandirian koperasi ini, menjadi tema operasional yang benar-benar dilaksanakan oleh gerakan koperasi  di seluruh tanah air dalam bentuk langkah-langkah  kongkrit dan nyata di lapangan oleh semua pihak. Saya sungguh percaya bahwa kemandirian koperasi adalah kunci kemajuan koperasi di tanah air. Dan sebenarnya faktor penentu utama kemandirian sudah lama disampaikan dan diamanatkan kepada kita semua oleh Bapak Koperasi kita, Bung Hatta.

Saudara-saudara,

Hari ini, tanggal 12 Juli, 35 tahun yang lalu, Bung Hatta, menyampaikan Pidato Hari Koperasi di depan Dewan Pertimbangan Agung RI. Pidato yang penting itu patut selalu kita acu dan jadikan sumber inspirasi bagi para pecinta koperasi. Dari berbagai hal yang  bersifat  mendasar yang disampaikan beliau dalam pidato itu, ada satu pesan penting yang menurut hemat saya patut kita renungkan bersama pada peringatan Hari Koperasi kali ini, sebagai bahan introspeksi mengenai apa-apa yang saat ini kita lakukan dalam membangun koperasi di tanah air.

Pesan itu adalah mengenai sikap dasar yang harus dipunyai para pelaku koperasi agar koperasi bisa berkembang dan berperan seperti yang dicita-citakan. Pesan ini terkandung dalam beberapa kata mutiara yang muncul di berbagai bagian dalam pidato beliau itu. Inilah beberapa kata mutiara dari beliau itu :

“Asas kekeluargaan itu adalah kooperasi”.

“Hubungan antara anggota-anggota kooperasi harus mencerminkan orang-orang bersaudara, satu keluarga”.

“Anggota dididik menjadi orang yang mempunyai individualita, insaf akan harga dirinya”.

Tetapi, beliau juga mengingatkan bahwa :

“Individualita lain sekali dengan individualisme. Individualisme adalah sikap yang mengutamakan diri sendiri dan mendahulukan kepentingan diri sendiri dari kepentingan orang lain. Kalau perlu, mencari keuntungan bagi diri sendiri dengan mengorbankan kepentingan orang lain”.
Selanjutnya, beliau menegaskan :

“Dalam mengasuh anggota koperasi selalu diutamakan cinta kepada masyarakat, yang kepentingannya harus didahulukan dari diri sendiri”.

“Oleh karena itu pula anggota koperasi harus mempunyai tanggung jawab moril dan sosial. Apabila rasa tanggung jawab yang dua itu tidak ada, koperasi tidak akan tumbuh, tidak akan menjadi”.

Bung Hatta bahkan menarik kesimpulan lebih lanjut mengenai pentingnya nilai-nilai koperasi itu bagi pembangunan politik. Beliau mengatakan :

“Pada koperasi, sebagai badan usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan, didamaikan dalam keadaan harmonis kepentingan orang-seorang dengan kepentingan umum”.

“Koperasi yang semacam itu memupuk selanjutnya semangat toleransi aku mengakui pendapat masing-masing dan rasa tanggungjawab bersama. Dengan ini koperasi mendidik dan memperkuat demokrasi sebagai cita-cita bangsa”.

Demikianlah pesan beliau. Intinya, Bung Hatta mengingatkan kita bahwa pembentukan sikap dasar, yang barangkali bisa kita sebut sebagai nilai-nilai koperasi, yang pas pada pelaku koperasi merupakan kunci keberhasilan pembangunan koperasi. Dan bahkan lebih dari itu, nilai-nilai itu juga akan menyumbang pula kepada keberhasilan pembangunan demokrasi di tanah air.

Nilai-nilai itu dapat kita peras sebagai nilai kebersamaan yang didasarkan pada kejujuran yang menimbulkan rasa saling percaya atau trust. Kata kuncinya kebersamaan, kejujuran dan trust. Pada hari yang baik ini, saya mengajak seluruh pecinta koperasi, seluruh pemangku kepentingan atau stakeholders pembangunan koperasi di tanah air untuk melakukan introspeksi yang jujur mengenai sejauh mana nilai-nilai koperasi ini diamalkan oleh masing-masing kita pada saat ini.

Saudara-saudara,

Tahun lalu pada peringatan Hari Koperasi ke-64, Bapak Presiden mengajak kita untuk melaksanakan revitalisasi dan kebangkitan gerakan koperasi di seluruh tanah air dalam lima tahun mendatang dengan sasaran yang jelas.

Apabila kita ingin berhasil melakukan hal itu, kita harus mulai dari hal yang paling mendasar yaitu membentuk sikap dasar yang pas, membangun nilai-nilai koperasi tadi, bagi para pelaku dan penggiat koperasi. Dan ini tentu saja termasuk pembentukan nilai-nilai koperasi di antara para pejabat pemerintah, para pengambil kebijakan dan para pembina koperasi. Program-program pembentukan nilai-nilai koperasi secara lebih sistematis  perlu kita laksanakan dan perlu kita beri perhatian dan dukungan sumber daya yang lebih dari sebelumnya.

Saya berpendapat perlu diadakan review yang mendasar terhadap program-program perkoperasian yang kita laksanakan dan memberikan prioritas tidak hanya pada aspek kuantitatif, tetapi juga pada aspek kualitatif, tidak hanya mengenai perangkat keras (hardware), tetapi juga perangkat lunak (software) yang diperlukan oleh koperasi.

Saudara-saudara,

Hari ini Pemerintah memberikan penghargaan kepada para pelaku koperasi yang berprestasi, juga kepada penggiat koperasi di berbagai daerah. Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang dan penerima penghargaan.

Saya percaya itu semua berkat kerja keras dan  dedikasi Saudara dalam memajukan perkoperasian di tanah air. Ayo, kita bekerja lebih keras lagi dan lebih cerdas lagi. Jangan kendor, tingkatkan terus prestasi Saudara-saudara. Tularkan semangat saudara-saudara kepada handai taulan.

Pada peringatan Hari Koperasi ini, saya juga minta saudara-saudara sekalian dan seluruh pecinta koperasi untuk mencamkan di hati kita masing-masing pesan-pesan Bung Hatta yang saya sebut tadi, dan yang lebih penting lagi, mengamalkannya dalam setiap tindakan nyata kita untuk membangun koperasi di tanah air.

Saya juga ingin mengucapkan selamat dan penghargaan  kepada semua pihak yang telah ikut serta menyukseskan penyelenggaraan Puncak Peringatan Hari Koperasi kali ini. Selamat kepada seluruh jajaran Dewan Koperasi Indonesia, Pusat dan Daerah, serta seluruh jajaran Kementerian Koperasi dan UKM.

Penghargaan yang tinggi saya sampaikan pula kepada jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Pemerintah Kota Palangka Raya yang telah mempersiapkan perhelatan ini dengan baik sekali. Penghargaan saya kepada seluruh masyarakat Kalimantan Tengah khususnya masyarakat Kota Palangka Raya yang telah bertindak sebagai tuan rumah perhelatan nasional hari ini dan atas segala keramahtamahannya menerima Saudara-saudaranya yang datang dari berbagai penjuru tanah air.

Dirgahayu Koperasi lndonesia. Semoga Allah SWT selalu meridhoi upaya kita untuk memajukan Koperasi di tanah air sebagai wahana  untuk mencapai cita-cita nasional,  yaitu kemakmuran dan kesejahteraan yang adil dan merata bagi  seluruh rakyat Indonesia.

Terima kasih dan selamat bekerja.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Wakil Presiden Republik Indonesia
Boediono
« PREV
NEXT »

1 komentar

Silahkan sertakan komentar anda tanpa melakukan spam, penyertaan link, ataupun promosi yang tidak memiliki korelasi dengan informasi yang tersedia, jika tidak admin akan menghapus komentar yang anda publikasikan dan akan ditindak lanjuti sebagai spam.