Slider Background

SLIDE BERANDA

UMKM di Inhu Terima Bantuan Dana Miliyaran Rupiah

Senin, 16 Juli 2012

UMKM di Inhu Terima Bantuan Dana Miliyaran Rupiah

RENGAT-Meski tidak semudah mengucapkan kata “sejahtera” Pemdakab Inhu optimis pencapaian visi misi menuju Inhu sejahtera akan tergapai. Caranya, semua unsur Usaha dan Pengusaha harus saling bersinergy bersama Pemdakab.
Ungkapan diatas, di paparkan Wakil Bupati Inhu, H Harman Harmaeni mengawali sambutannya pada acara penyerahan bantuan pinjaman lunak dari PTPN V Pekanbaru Rp. 1,4 Miliyar, bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Indragiri Hulu, Selasa (3/7).
Di ilustrasikan Wakil Bupati, menuju Inhu sejahtera sangatlah relatif susah dan tidak semudah mengucapkan kata “Sejahtera,”. Bahkan secara teroritis, defenisi sejahtera itu dapat dikonotasikan apa bila warga itu sudah mengantongi, serta apa bila masyarakat itu susah memiliki badan dan pikiran yang sehat, bahkan warga itu juga sudah memiliki SDM yang memadai.
Masih Wabup, data yang diperolehnya, jumlah warga masuk kategory miskin di Inhu mencapai 30 ribu an atau sekitar 8,9 % dari jumlah penduduk. Sedangkan jumlah pengusaha dan UMKM, mencapai 30 ribu usaha.
Bertolak dari angka jumlah warga miskin itu, Harman Harmaeni kembali menghimbau, kepada UMKM yang menerima bantuan pinjaman lunak dari PTPN V Pekanbaru mengalokasikan dana ‘segar’ tidak pada kebutuhan komsumtif, dan harus memberdayakannya pada bidang usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan. “Jangan pinjaman itu ibarat membuang batu ke sungai dan tidak timbul-timbul,” pesan Wabup. “Dan jang lupa menghindari usaha yang penuh resiko, dan jangan lupa, mengembalikan pinjaman dana itu ke BUMN .” Sambung nya.
Kepada penyandang dana yang disebut-sebut PTPNV Pekanbaru, Wabup kembali berharap, pada tahun-tahun berikutnya pinjaman lunak  dapat ditingkatkan lagi.  
Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, H Iskandar Rab, kepada KR  menjelaskan, peluang bisnis di Inhu masih terbuka dan berpotensi. “Contohkannya, usaha UMKM dapat menjajakan dagangannya pada ivent PON, ivent Porda, MTQ Kecamatan, dan Inhu Expo,” paparnya. “Dan saya berharap, pada ajang itu para pelaku UMKM menjajakan dagangan khas daerah Inhu. Antara lain, kerajinan tangan (tenunan-red), cendera mata, dan indutri pangan,” harap Kadis.
Menjawab KR, Kabag Program Kemitraan Bina Linkungan (PKBL) PTPN V Pekanbaru, Bestari mengaku, tahun 2012 PTPN V Pelanbaru mengalokasikan pinjmanan lunak kepada 369 UMKM se Riau Rp. 6,3 Miliyar atau sebesar 2% dari laba bersih tahun 2011. Sementara Sekretaris Dins Koperasi UMKM Inhu, H Suhardi menjelaskan, dari tahun 2008 silam, jumlah dana peinjaman UMKM di Inhu sudah mencapai Rp. 6,9 Miliyar.
Tampak hadir, Kepala Bappeda Isdjawardi, Asisten Pemerintahan HM Sadar, Kadis Pasar Iliyanto, Kepala KIPP Pantas Pakpahan, Kadis Pendidikan H Yushar, Kasatpol PP dan Kabag Humas serta calaon penerima pinjaman.(Sandar Nababan)
« PREV
NEXT »

1 komentar

Silahkan sertakan komentar anda tanpa melakukan spam, penyertaan link, ataupun promosi yang tidak memiliki korelasi dengan informasi yang tersedia, jika tidak admin akan menghapus komentar yang anda publikasikan dan akan ditindak lanjuti sebagai spam.