Slider Background

SLIDE BERANDA

Tren Koperasi Syariah Makin Prospektif

Kamis, 28 Januari 2016

Tren Koperasi Syariah Makin Prospektif

Gambar: Ilustrasi
Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) atau sebelumnya di sebut Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) yang terbentuk dari Baitul Maal wat Tamwil (BMT) dinilai semakin prospektif dalam beberapa tahun ke depan

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Braman Setyo dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Semarang, Kamis (28/01/2016), mengatakan KSPPS memiliki peluang dan prospek ke depan yang baik dalam menghimpun dan menyalurkan dana-dana bisnis dan sosial sekaligus.

"KSPPS merupakan entitas keuangan mikro syariah yang unik dan spesifik khas Indonesia. Kiprah KSPPS dalam melaksanakan fungsi dan perannya menjalankan peran ganda yaitu sebagai lembaga bisnis (tamwil) dan di sisi yang lain melakukan fungsi sosial yakni menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana Zakat, Infak, Shodaqoh, dan Wakaf atau ZISWAF," katanya.

Ia menambahkan, dana Zakat Infaq dan Shodaqoh (ZIS) dalam penghimpunan dan pendayagunaannya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan "charity".

Namun demikian, kata dia, sebagian KSPPS menyalurkan dan mendayagunakannya lebih ke arah pemberdayaan, khususnya bagi pelaku usaha mikro mustahik.

Sementara itu khusus untuk wakaf uang, kata dia, dalam penghimpunan bersifat sosial namun pengelolaan dan pengembangannya harus dalam bentuk komersial karena ada amanah wakif (pemberi wakaf) untuk memberikan manfaat hasil wakaf untuk diberikan kepada maukufalaih (penerima manfaat).

"Dalam memanfaatkan dana sosial keagamaan oleh KSPPS, potensi zakat secara nasional sebagaimana dirilis oleh Baznas tahun 2015 sebesar Rp217 triliun," katanya.

Sumber: Rimanews.com
« PREV
NEXT »

1 komentar

Silahkan sertakan komentar anda tanpa melakukan spam, penyertaan link, ataupun promosi yang tidak memiliki korelasi dengan informasi yang tersedia, jika tidak admin akan menghapus komentar yang anda publikasikan dan akan ditindak lanjuti sebagai spam.