Slider Background

SLIDE BERANDA

Peringatan HUT Koperasi ke-71, Belasan Koperasi di Inhu Terima Sertifikat NIK

Kamis, 19 Juli 2018

Peringatan HUT Koperasi ke-71, Belasan Koperasi di Inhu Terima Sertifikat NIK

Sekretaris Daerah Kab Inhu Ir Hendrizal menyerahkan sertifikat NIK
Sebanyak 18 koperasi yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Inhu menerima sertifikat Nomor Induk Koperasi untuk tahun buku 2016. Pemberian sertifikat itu diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Inhu Ir Hendrizal saat memimpin pelaksanaan upacara 17 hari bulan sekaligus peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71, di Halaman Kantor Bupati, Selasa (17/7/2018).

Dari total 18 koperasi penerima sertifikat itu diantaranya lima koperasi yang ada di Kecamatan Batang Cenaku, tiga koperasi di Kecamatan Peranap, tiga koperasi di Kecamatan Lirik, dua koperasi di Kecamatan Pasir Penyu dan Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Batang Peranap, Kelayang, Rengat Barat, Rengat masing-masing satu koperasi.

Selain penyerahan sertifikat NIK, dalam kesempatan itu turut diserahkan sertifikat kepada peserta yang telah mengikuti Pelatihan Kewirausahaan dan Optimalisasi Media Telekomunikasi bagi Usaha Kelompok UKM serta piagam penghargaan kepada sekolah adiwiyata Kabupaten Inhu tahun 2018.

Melalui pidato Menteri Koperasi dan UKM, dalam amanatnya Ir Hendrizal menjelaskan bahwa sesuai dengan tema yang diusung yakni penguatan koperasi mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, ada empat hal yang perlu diselenggarakan pemerintah pusat, Propinsi dan Kabupaten/Kota.

“Pertama, pemerintah memberikan kesempatan usaha yang seluas-luasnya kepada koperasi. Kedua, pemerintah meningkatkan dan memantapkan koperasi agar menjadi koperasi yang sehat, tangguh dan mandiri. Ketiga, pemerintah mengupayakan tata hubungan usaha yang saling menguntungkan antara koperasi dengan badan usaha lainnya. Dan keempat, pemerintah berkepentingan untuk membudayakan koperasi dalam masyarakat,” terang Sekda Inhu Hendrizal.

Selain itu, Sekda Hendrizal juga menjelaskan bahwa kondisi koperasi akan semakin berdaya saing dan maju apabila menerapkan prinsip koperasi secara konsisten dan mengikuti kaidah umum dalam dunia bisnis.

“Saat ini, upaya strategis dalam rangka pemberdayaan koperasi dilakukan Kementerian Koperasi dan UKM melalui tiga pendekatan yakni rehabilitasi, reorientasi dan pengembangan koperasi. Rehabilitasi dimulai dengan pendataan koperasi melalui online data sistem (ODS) di seluruh Indonesia sebagai dasar untuk pembenahan koperasi. Reorientasi menyangkut tentang upaya mengorientasikan pemberdayaan koperasi kepada kualitasnya. Dan, pendekatan pengembangan koperasi yakni terkait bagaimana seluruh kebijakan dan program yang dilaksanakan pada setiap level pemerintah difokuskan pada pengembangan koperasi,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Hendrizal sesuai dengan tema HUT Koperasi ke-71 yakni penguatan koperasi mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, diharapkan agar terjadi sinergi positif antara upaya yang dilakukan gerakan koperasi bersama pemerintah. Sehingga dengan begitu keberadaan koperasi kedepan akan semakin kuat dan mampu meningkatkan peranannya.
« PREV
NEXT »

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Silahkan sertakan komentar anda tanpa melakukan spam, penyertaan link, ataupun promosi yang tidak memiliki korelasi dengan informasi yang tersedia, jika tidak admin akan menghapus komentar yang anda publikasikan dan akan ditindak lanjuti sebagai spam.